SEJARAH INTERNET

Internet pertama kali bermula dari ARPANET (Advanced Research Project Agency Net) pada tahun 1969 yang dikembangkan oleh para peneliti dari Departemen Pertahanan Amerika (US Department of Defense's) dengan tujuan mengembangkan jaringan komunikasi data antar komputer yang bekerja secara transparan dan tahan terhadap berbagai gangguan (bencana alam, serangan nuklir dari Rusia dan lain-lain). 

Pada dekade pertama Internet digunakan terutama untuk fasilitas email, dukungan online discussion groups, akses database secara remote dan dukungan transfer file antara agensi, perusahaan/universitas. 

Pada permulaan tahun 1980, protokol semua jaringan riset yang berhubungan diubah menjadi protokol TCP/IP (untuk mengirim dan menerima data), dan ARPANET menjadi tulang punggung (backbone) Internet yang terdiri dari jaringan-jaringan berbasis TCP/IP yang terhubung ke ARPANET. Konversi data ke TCP/IP tersebut dianggap lengkap pada sekitar akhir tahun 1983 dan pada saat itulah dianggap Internet lahir. 

Pada tahun 1990, HTML yang merupakan suatu hypertext Internet protokol yang dapat menyajikan informasi grafik di Internet mulai diperkenalkan. Tiap individu dapat menciptakan halaman berbasis grafik (web site) dimana dalam hal ini individu tersebut harus memahami dulu HTML, yang mana kemudian dapat dihubungkan menjadi suatu jaringan hypertext yang lebih besar yang biasa disebut World Wide Web. 

Saat ini kebanyakan orang menyebut "Internet" sebagai suatu struktur fisik jaringan, terdiri dari komputer client dan server dan line telepon yang menghubungkan segala sesuatunya. Istilah "Web" yang tidak banyak diketahui secara benar, diartikan sebagai kumpulan dari site-site dan informasi yang dapat diakses jika seseorang menggunakan Internet. 

Beberapa macam servis telah dikembangkan selama bertahun-tahun untuk dipakai sebagai fasilitas berbagi informasi antara bermacam-macam situs yang ada di Internet. Karena Internet lebih berorientasi research, kebanyakan servis-servis tersebut lebih susah digunakan dan memiliki dokumentasi yang tidak begitu bagus. Namun sekarang Internet sudah terbuka secara umum baik untuk situs-situs komersial maupun situs pribadi, banyak servis-servis baru mulai dikembangkan agar lebih mudah digunakan dan interface-interface baru mulai diciptakan agar servis-servis yang lama lebih mudah digunakan. 

http://smkn1pdh.netau.net/